Author : ELISA AMELIA
Editor :
Apa saja hambatan guru dalam perencanaan pembelajaran Matematika ?
Apa saja hambatan guru dalam perencanaan pembelajaran Matematika ?
Adanya perubahan yang dirasakan oleh guru dalam membuat perencanaan pembelajaran matematika pada implementasi kurikulum merdeka ini menghadapakannya pada hambatan yang perlu diatasi dengan baik. Lalu apa saja hambatan-hambatan dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dalam perencanaan pembelajaran Matematika? Dalam pengamatan di sekolah penempatan kampus mengajar berikut hambatan hambatan-hambatan dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dalam perencanaan pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar.
Kurangnya pemahaman cara/menurunkan/menerjemahkan CP menjadi tujuan pembelajaran
Pada hambatan yang pertama yakni kurangnya pemahaman cara/menurunkan/menerjemahkan CP menjadi tujuan pembelajaran. Guru belum memahami cara menurunkan/ menerjemahkan CP menjadi tujuan pembelajaran, sehingga materi yang diberikan belum mengacu pada materi esensial, melainkan masih mengacu pada kurikulum sebelumnya. Padahal modul ajar pada kurikulum ini mengacu pada rencana pembelajaran dimana dalam modul ada ajar ini juga disuaikan dengan kebutuhan peserta didik.
Kesulitan dalam menentukan model pembelajaran dan asesmen
Pada hambatan yang kedua, guru kesulitan untuk menentukan model pembelajaran dan asesmen yang digunakan karena heterogenitas siswa di dalam kelas terkait dengan tingkat pemahaman siswa, kemampuan berpikir siswa, keterampilan siswa, gaya belajar, tingkat percaya diri, dan tingkat konsentrasi. Oleh karenanya guru harus menentukan model pembelajaran dan asesmen yang sesuai.
Keterbatasan referensi guru mengenai model pembelajaran
Pada hambatan yang ketiga, keterbatasan referensi guru mengenai model pembelajaran yang dapat mengakomodasi pembelajaran berdeferesiasi, guru mengalami kesulitan dalam menentukan model pembelajaran yang tepat sehingga trial and error. Padahal dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi merupakan salah satu cara pembelajaran yang berpusat pada murid.
Kesulitan dalam mencari berbagai macam sumber referensi
Pada hambatan yang keempat, guru kesulitan dalam mencari berbagai macam sumber referensi contoh pembelajaran yang berdeferensiasi karena keterbatasan sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah khususnya jaringan internet, perangkat keras seperti komputer/PC. Tentunya keberadaan sarana dan prasarana yang menunjang akan sangat berdampak baik pada keberhasilan implementasi penerapan kurikulum merdeka. Akan tetapi masih banyak sekolah yang kesulitan dalam ketersediaan alat-alat IT.
Keterbatasan pengetahuan awal dan penguasaan materi dan kontekstual
Pada hambatan yang kelima, guru memiliki keterbatasan pengetahuan awal dan penguasaan materi dan kontekstual sehingga kesulitan dalam menyusun pertanyaan pemantik. padahal dengan adanya pertanyaan pemantik yang sesuai dengan materi, dapat digunakan untuk meningkatkan partisipasi siswa dan membuat siswa dapat masuk ke dalam topik yang sedang dibicarakan.
Melihat hambatan-hambatan di atas, dapat disimpulkan bahwa dalam prosesnya guru masih mengalami kendala dalam membuat modul ajar, hal tersebut karena modul ajar ini merupakan sesuatu hal yang baru dari sebelumnya. Dengan demikian, pada saat proses penyusunannya membutuhkan waktu yang sedikit lama. Hal tersebut karena format modul ajar ini berbeda dengan RPP yang dikembangkan pada Kurikulum 2013.
Oleh karena itu, guru sebagai garda terdepan dari perubahan yang ada mau tak mau harus siap dalam mengambil upaya dan berani belajar maupun mencoba. Upaya yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti pelatihan dalam membuat modul ajar seperti melalui MGMP. Diharapkan dengan adanya diskusi terjadi tukar pendapat mengenai solusi terkait kesulitan-kesulitan yang mungkin terjadi dalam pembuatan modul ajar. Agar guru tak hanya sekadar beradaptasi, namun mampu dalam menyiapkan siswa sebagai generasi bangsa yang mampu menjawab tantangan di masa depan.
Sumber dan referensi :
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan
Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada
Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1),
95–101.
https://www.iocscience.org/ejournal/index.php/Cendikia/article/view/2960
Maryam, S., Ningsih, D. N., Sanusi, D., Wibawa, D. C.,
Ningsih, D. S. N., Fauzi, H. F., & Ramdan, M. N. (2022). Pelatihan
Penyusunan Modul Ajar Yang Inovatif, Adaptif, Dan Kolaboratif. Journal of
Empowerment, 3(1), 82. https://doi.org/10.35194/je.v3i1.2322
Pandu, R., Purnamasari, I., & Nuvitalia, D. (2023). Pengaruh
Pertanyaan Pemantik Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis dan Hasil Belajar
Peserta Didik. 1(2), 127–134.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A.
H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah
Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230
Postingan Terkait
Guru Binar dan Give2Asia Gelar Inaugurasi untuk Online Teacher Scholarship Program
Kesempatan Emas Belajar Mandiri Platform Guru Binar
Beragam Lomba 17an oleh Guru Binar dan Platform Merdeka Mengajar
GURU MERDEKA YANG TERUS BERGERAK, TERGERAK DAN MENGGERAKKAN
portofolio digital guru penggerak
Keuntungan Menggunakan E-education, Pembelajaran Berbasis TIK
Pentingnya Membangun Kapasitas Guru dalam TIK
Manfaat Gadget bagi Kehidupan Masyarakat Modern
Guru Binar dan PT Sampoerna Agro Selenggarakan Program Pelatihan Guru Kabupaten OKI
Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Guru Binar dan Sampoerna Land Sasar 5 Wilayah Indonesia dalam Program Beasiswa Guru
Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.