Unduh Aplikasi Guru Binar
Karir Guru
Author : Fajar Tri
Editor :

Guru Profesional: Ciri, Karakter & Syarat Menjadi Guru Profesional

Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, dijelaskan bahwa kompetensi adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru maupun dosen. Guru profesional harus menguasai 4 standar kompetensi guru yang sudah ditentukan. 

Ciri Guru Profesional 

Seorang guru bisa dikatakan profesional apabila memiliki ciri yang sudah ditentukan. Berikut beberapa ciri-ciri guru profesional, antara lain: 

  • Selalu punya energi untuk siswanya: guru yang baik menaruh perhatian kepada siswa di setiap percakapan atau diskusi dengan mereka. Selain itu juga memiliki kemampuan mendengar dengan seksama. 

  • Memiliki tujuan jelas untuk pelajaran: bisa menetapkan tujuan yang jelas untuk setiap pelajaran dan bekerja untuk memenuhi tujuan tertentu dalam setiap kelas. 

  • Memiliki keterampilan mendisiplinkan yang efektif: memiliki keterampilan disiplin yang efektif sehingga mampu mempromosikan perubahan perilaku positif di dalam kelas. 

  • Mempunyai keterampilan manajemen kelas yang baik: seorang guru profesional memiliki keterampilan manajemen kelas yang baik dan mampu memastikan perilaku siswa yang baik.

  •  Bisa berkomunikasi dengan baik dengan orang tua: seorang guru yang baik menjaga komunikasi terbuka dengan orang tua dan membuat mereka selalu update informasi mengenai hal-hal yang sedang terjadi di dalam kelas terkait kurikulum, disiplin, dan isu lainnya. 

Karakter Guru Profesional

Menjadi guru bukan hanya sekedar mengajar, namun juga harus mendidikkan nilai-nilai pada peserta didiknya. Selain pengetahuan dan kecakapan, terdapat beberapa sifat dan sikap yang harus dimiliki oleh guru dalam menjalankan tugas secara profesional. Berikut beberapa karakter guru profesional, antara lain: 

1. Fleksibel 

Dalam menyatakan dan menyampaikan prinsip serta pendiriannya, haruslah fleksibel. Guru harus bertindak secara bijaksana yaitu menggunakan cara atau pendekatan yang tepat terhadap orang yang tepat dalam situasi yang tepat. 

2. Bersikap Terbuka 

Guru profesional harus memiliki sifat terbuka baik untuk menerima pertanyaan siswa maupun dimintai pendapat dan mengoreksi diri. Dengan sikap yang terbuka akan memudahkan guru dan siswa dalam mewujudkan pembelajaran yang sesuai dengan ketentuan. 

3. Peka 

Guru yang baik harus peka atau sensitif terhadap penampilan para siswanya. Artinya guru harus cepat mengerti, menilai, atau melihat dengan perasaan terkait hal-hal yang diperlihatkan oleh siswa. Baik dari ekspresi wajah, nada suara, hingga gerak-gerik jalan napasnya. Guru harus bisa memahami apa yang sedang dialami oleh siswa. 

4. Tekun 

Seperti diketahui, pekerjaan seorang guru tentu membutuhkan ketekunan. Baik dalam mempersiapkan, melaksanakan, menilai, maupun menyempurnakan pembelajarannya. Di sekolah, guru tidak hanya berhadapan dengan anak-anak yang pandai, namun juga kurang pandai. 

Oleh karena itulah, mereka membutuhkan bantuan yang tekun, sedikit demi sedikit dan penuh kesabaran. Tugas guru tidak hanya dalam bentuk interaksi dengan siswa di kelas, namun juga menyiapkan bahan pelajaran dan memberikan penilaian atas semua pekerjaan siswa. 

5. Realistis 

Karakter berikutnya dari guru yang profesional ialah mampu berpikir dan berpandangan realistis. Artinya mampu melihat kenyataan terkait kondisi setiap siswa di sekolah. Tentu setiap guru mengharapkan siswa memiliki tutur kata yang baik, memiliki perkembangan pengetahuan yang baik, dan lain sebagainya. 

Namun pada kenyataannya, tentu tidak selalu demikian. Oleh karena itulah, guru sebaiknya bisa memahami situasi yang demikian, yaitu bisa menerima dan terus berupaya untuk memperbaikinya. 

6. Melihat Ke Depan 

Tugas guru yaitu membina siswa sebagai generasi penerus bagi kehidupan di masa yang akan datang. Karena tugasnya demikian, maka guru profesional harus selalu melihat ke depan, melihat kehidupan seperti apa yang akan dijalani oleh para siswanya kelak.

Syarat Guru Profesional 

Untuk mewujudkan tenaga pendidik yang profesional, Anda harus mengetahui pada saja syarat guru profesional agar bisa menginspirasi peserta didik. Berikut beberapa diantaranya: 

1. Adil 

Dalam hal ini, guru tidak berpihak pada satu sisi atau kelompok tertentu. Seorang guru harus mampu menyikapi setiap siswa dengan karakter dan kemampuan yang beragam. Dengan kata lain, sebaiknya guru menjadi sosok yang objektif. 

2. Terbuka 

Untuk memperbaiki karakter siswa, tentu terlebih dahulu harus melakukan perbaikan. Oleh karena itulah, guru harus bisa menerima pertanyaan, kritik, dan masukan dari siswa. Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, guru harus bisa berpikiran secara terbuka. 

3. Bisa Menjadi Contoh 

Untuk menjadi guru profesional tentu harus memiliki pribadi yang mampu memberikan contoh baik terhadap siswa. Dengan menjadi contoh, siswa secara perlahan akan memiliki kesadaran untuk melakukan hal serupa. 

4. Bijaksana 

Seorang guru yang profesional bisa bijak dalam mengambil keputusan, menyikapi masalah, maupun bertindak. Dengan demikian akan menghasilkan siswa yang lebih bisa menghargai dan menghormati guru di lingkungan sekolah. 

5. Fleksibel 

Setiap guru harus memiliki prinsip, baik dalam nilai keseharian maupun pengetahuan. Namun, dalam penyampaiannya harus tetap fleksibel agar bisa diterima dengan baik. Guru yang profesional tentu mampu menyesuaikan dengan kondisi, perkembangan, sifat, kemampuan, dan latar belakang siswa. 

Seorang guru profesional tentu memiliki karakter tersendiri sehingga mampu menyampaikan materi dengan baik terhadap siswa. Dalam mewujudkan guru yang profesional, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Mulai dari bersikap adil hingga fleksibel. 

Sumber dan referensi :

Postingan Terkait

Bagikan:

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.