Unduh Aplikasi Guru Binar
Edukasi TUTORIAL
Author : Fajar Tri
Editor :

Tutorial Registrasi Akun Guru Pintar Online

Saat ini telah disediakan sebuah forum ilmiah, yaitu Guru Pintar Online yang didedikasi khusus untuk para guru. Di mana, mereka memiliki perhatian pada upaya peningkatan mutu pendidikan guru serta pembelajaran di sekolah. Nah, istilah kata pintar dalam Guru Pintar Online ini memiliki makna, yakni "Pintu Interaksi Antar Guru".

Dengan kata lain, media online tersebut bisa dijadikan sebagai sarana komunikasi interaktif antar pengajar di seluruh Indonesia. Tentunya, dalam rangka menumbuhkan budaya belajar sepanjang hayat hidupnya. Sehingga, dapat mendedikasikan profesinya untuk memajukan generasi bangsa.

Nah, portal Guru Pintar Online ini memberikan akses kepada guru dan pemerhati pendidikan guru untuk bersama-sama memberikan kontribusinya bagi negeri. Terutama, dalam upaya peningkatan ilmu pengetahuan dan pengalaman praktek dalam bidang pendidikan. Para guru dapat melakukan kontribusinya tersebut dengan melalui laman GPO.

Jadi, bagaimana cara registrasi Guru Pintar Online ini? Nah, untuk pendaftarannya sendiri Anda dapat melakukannya secara online. Untuk lebih lengkapnya, mari simak baik-baik langkahnya berikut ini!

Tutorial Registrasi di Guru Pintar Online

1. Masuk ke Link Resmi Guru Pintar

Langkah pertama adalah mengunjungi laman resmi Guru Pintar di Guru Binar. Nah, sebelum menjadi anggota GPO ini dan melakukan proses registrasi, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Berikut beberapa hal tersebut yang harus Anda pahami, yaitu:

  1. Anda tidak akan bisa mengakses beberapa menu dan fasilitas yang ada di website Guru Pintar Online bila belum melakukan Login terlebih dulu. Maka dari itu, silahkan lakukan Login terlebih dahulu.

  2. Anda wajib memiliki alamat e-mail yang aktif, sehingga bagi yang belum silahkan membuat alamat email dulu.

  3. Jika Anda belum memiliki account, silahkan registrasi terlebih dahulu dengan mengklik Login, lalu klik Create New Account. 

  4. Isi semua Field yang ada pada form registrasi dan pastikan semua data yang Anda isi sudah benar. 

  5. Jika sudah lengkap mengisi form dan telah selesai, lalu klik tombol Create New Account. Nah, silahkan cek email Anda untuk verifikasi link.

2. Klik Tombol ‘Registrasi’ Untuk Pendaftaran

Apabila Anda telah membaca dengan seksama aturan di atas dan telah sepakat untuk registrasi Guru Pintar Online ini, langkah selanjutnya adalah mengklik tombol ‘Registrasi’ untuk memulai proses pendaftaran. 

3. Melengkapi Formulir Registrasi

Nah, setelah Anda mengklik menu Registrasi, selanjutnya Anda disuruh untuk melengkapi data yang diminta pada saat proses registrasi ini, di antaranya yaitu:

  1. Alamat e-mail:

Isikan kolom alamat e-mail dengan e-mail aktif Anda yang akan digunakan untuk menerima kata sandi baru dan menerima berita pemberitahuan tertentu melalui e-mail yang Anda masukkan tersebut.

  1. Username:

Isi kolom username dengan Username yang mudah diingat. 

  1. Nama Lengkap:

Isi kolom tersebut dengan nama lengkap Anda.

  1. Telephone:

Isi kolom tersebut dengan nomor telepon Anda yang aktif dan dapat dihubungi.

  1. Nama Instansi:

Masukkan nama sekolah tempat Anda mengajar atau nama dinas tempat Anda bertugas, dan sebagainya.

  1. Bidang Tugas Mengajar:

Isi kolom dengan bidang studi atau penugasan mengajar Anda.

  1. Jenjang Pendidikan Mengajar:

Isi kolom dengan jenjang di mana Anda mengajar (Kelas).

  1. Alamat Instansi Tugas:

Masukkan dengan lengkap alamat instansi Anda.

  1. Alamat Tinggal:

Isi alamat tempat tinggal Anda dengan lengkap dan jelas.

  1. Upload Foto:

Upload foto Anda dengan wajah yang terlihat jelas.


Apabila semua form di atas sudah Anda lengkapi, berikutnya silahkan scroll ke bawah sampai muncul tampilan klik tulisan "Buat Akun Baru". 

4. Cek Email Anda dan Lakukan Verifikasi E-mail

Langkah selanjutnya, bukalah e-mail Anda. Kemudian, silahkan periksa kotak masuk pada e-mail Anda. Apabila ada email masuk dari Guru Pintar Online maka silahkan buka e-mail. Setelah Anda membuka e-mail tersebut, nantinya akan ada sebuah alamat link yang akan digunakan untuk proses verifikasi akun Anda.

Nah, silahkan Anda klik alamat link tersebut untuk melakukan proses verifikasi akun Anda lebih lanjut. Apabila Anda sudah mengklik alamat link tersebut, maka berikutnya Anda akan masuk ke laman Guru Pintar Online. Nah, di dalam laman tersebut akan ada tombol untuk Login.

Kemudian, Anda klik tombol "Login" tersebut. Nah, apabila Anda telah mengklik tombol Log In maka akan muncul tampilan baru yang berupa kolom yang telah berisi nama alamat email Anda. Berikutnya, silahkan scroll ke bawah sampai Anda mendapatkan tampilan yang berisi kolom pengisian password.

Nah, jika Anda sudah dapat tampilan yang berisi kolom untuk mengisi password, selanjutnya Anda tinggal membuat password yang nantinya dipakai untuk Login. Buatlah password yang mudah Anda ingat sehingga Anda tidak mudah lupa saat akan memasukkan password untuk Login. 

Jika sudah membuat password, berikutnya adalah Confirm Password dengan mengisi password yang sama. Setelah itu, klik tombol "SAVE" yang ada pada bagian bawah form. Nah, apabila sudah di-SAVE, berarti Anda telah berhasil membuat akun Guru Pintar Online Anda.

Nah, cukup mudah kan proses registrasi akun Guru Pintar Online ini?! Apabila Anda telah selesai registrasi, selanjutnya tinggal masuk ke laman Guru Pintar Online dengan akun dan password Anda. Selamat mencoba!

Sumber dan referensi :

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.